.QOverlay { background-color: #000000; /* warna background saat blog anda di loading */ z-index: 9999; } .QLoader { background-color: #CCCCCC; /* warna bar loading */ height: 1px; } .QAmt { color:#FF530D; /* warna angka persentase saat loading */ font-size:50px; font-weight:bold; line-height:50px; height:50px; width:100px; margin:-60px 0 0 -50px; }

Tugu Pahlawan Disulap Jadi Tokoh Komik

Berita Terbaru, Tugu Perjuangan Tentara Merah Uni Soviet yang terletak di Ibukota Sofia, Bulgaria telah dirubah oleh seorang seniman tak dikenal. Monumen yang menggambarkan pembebasan Bulgaria dari tangan pasukan Nazi Jerman oleh tentara Soviet pada tahun 1944 itu telah disulap menjadi tugu para tokoh komik dan kartun. Padahal, semasa rezim komunis Bulgaria yang dikendalikan Soviet, monumen tersebut dianggap sakral dan siapapun yang berani mencoba menyentuhnya maka orang tersebut akan langsung ditembak mati.

Tugu tersebut dibuat untuk mengenang para pahlawan Uni Soviet sewaktu Perang Dunia II pada tahun 1954. Namun, kini mereka pun disulap menjadi sekumpulan karakter komik dan kartun seperti Superman, Ronald McDonald, Sinterklas, Captain America, Joker dan Robin. Selain itu, seniman tak dikenal itu meninggalkan sebuah pesan di bagian bawah monumen dalam bahasa Bulgaria yang begitu menggambarkan kondisi sosial-politik di Bulgaria: “Bergerak bersama waktu”.

Belum diketahui siapa seniman yang sudah berani melakukan vandalisme artistik itu karena kemungkinan besar ia melakukan kerjanya pada malam hari, karena masyarakat setempat baru mengetahuinya di pagi hari. Usai Tentara Merah Soviet membebaskan Bulgaria dari tangan Nazi, Bulgaria pun menerapkan sistem politik yang sama dengan Soviet, yaitu komunisme. Periode ini berlangsung sejak tahun 1944 hingga kejatuhan Partai Komunis Bulgaria pada 10 November 1989. Setelah rezim komunis jatuh, Bulgaria kemudian melakukan pemilihan umum secara bebas untuk pertama kalinya pada tahun 1990. Setelah itu, pada tahun 1991, sistem konstitusi yang baru pun diterapkan.

Posting Komentar